KATEGORI: PENGALAMAN

Perbandingan kerja cepat dan kerja terburu-buru

Do Exploit
3 min readMay 21, 2020

Kerja cepat sama kerja terburu-buru emang apa bedanya? blom tau ya? ternyata ada loh perbedaan mendasarnya.

Gambar oleh www_slon_pics dari Pixabay

Sering ga sih kepikiran kalau kalian itu kerjanya kurang sigap/cepat sampai akhirnya kena marah orang lain terus disebabkan hal tersebut, jadi di tulisan kali ini saya punya tips sedikit buat kalian yang merasakan ini.

Kenapa sedikit? Karena ini hanyalah sebuah tulisan yang tentunya belum mampu menyelesaikan permasalahan kalian. Terus kenapa saya tetap mempublikasikannya jika tulisan ini kalau dampaknya masih abu-abu? Itu dikarenakan tulisan ini hanya mampu memberikan kalian beberapa referensi untuk menghindari perkataan seperti diatas tadi, nah terus untuk menyelesaikan permasalahan kalian adalah bergantung pada diri sendiri.

Saya harap kalian bisa membaca tulisan ini sampai habis atau langsung ke bagian akhir agar tau kenapa saya menulis hal mengenai ini, oke sekarang akan kita bahas.

1. Perbedaan

Kerja cepat adalah pekerjaan yang dilakukan dengan metode yang berbeda dari biasanya dan berfokus pada cara yang dilakukan untuk menyelesaikan masalahnya atau pekerjaannya sekaligus melibatkan analisa metode, perbandingan dan dampak.

Walau begitu, kerja buru-buruan bukanlah lawan arti dari kerja cepat, justru jika ini bisa di kombinasikan dengan kerja cepat akan memberi dampak baik bagi kita sendiri. Namun, kerja buru-buruan jika hanya di gunakan sendiri tanpa melibatkan kerja cepat maka artinya menjadi pekerjaan yang dilakukan dengan metode yang sama atau umumnya dan berfokus pada kecepatannya.

Sampai sini sudah paham kan perbedaan mendasarnya? Gimana, kalian merasa kalau di tempat kerja atau dimanapun berada di bagian kerja cepat atau buru-buruan?

2. Sifat umum

Sifat ini menjadi bahan pendukung penting dalam proses kerja, biasanya orang yang kerja cepat umumnya pemalas. Kalian ingat salah satu quotes dari Bill Gates, dia pernah mengatakan hal ini sampai menjadi motivasi tersendiri buat saya. Berikut quotesnya;

“Saya memilih orang yang malas untuk mengerjakan sebuah pekerjaan berat. Karena orang yang malas akan mencari cara yang mudah untuk mengerjakannya.”

Mungkin kalian sering melihat ada rekan kerja atau rekan belajar kalian yang sangat malas untuk melakukan sesuatu, tetapi apabila itu terus membuat mereka tertekan maka jangan kaget kalau tiba-tiba mereka bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan metode yang tidak biasa namun memberikan dampak luar biasa baik bagi kita atau perusahaan.

Bisa kalian prediksi kan orang yang hanya bekerja buru-buruan pastinya mereka yang punya daya saing yang tinggi, memburu-burukan pekerjaan sampe akhirnya mempersulit diri sendiri.

3. Pengetahuan

Dalam proses kombinasi bekerja cepat dan buru-buruan sangat bergantung pada pengetahuan, misalnya tentang Key Function pada komputer contohnya CTRL+C, CTRL+V, CTRL+A dan teman-temannya. Nah, contoh kasusnya seperti ini;

“ Duniy adalah orang yang kurang memiliki pengetahuan tentang komputer tetapi dia masih mengerti bekerja dengan menggunakan komputer, lalu Sanduy adalah orang yang memiliki pengetahuan tentang komputer dan dia bekerja dengan menggunakan komputer.

Sampai pada suatu waktu mereka memiliki pekerjaan yang hampir serupa yaitu mengirim hampir ratusan file atau folder ke komputer atasan melalui flashdisk, maka mereka harus terlebih dahulu memindahkan filenya ke flashdisk, nah tapi karena Duniy hanya mengetahui cara blok file dan copy paste file dengan klik kanan mouse dan tarik tahan klik kiri untuk blok jadi kalah cepat dengan Sanduy yang mengerti blok file sekaligus dan copy paste dengan key function CTRL+A, CTRL+C, CTRL+V. ”

Gimana? Kalian paham kan pentingnya pengetahuan mendasar agar dapat membantu dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Pengalaman

Tulisan ini terinspirasi dari pengalaman magang saya di sebuah PT yang pada saat itu saya ditempatkan bagian office (kantor), dan pekerjaan saya adalah pekerjaan berulang yang nggk berubah-ubah setelah selesai maka diulang lagi.

Lalu setelah beberapa bulan saya sering merasa kalau pekerjaan ini seharusnya bisa diselesaikan cepat dengan metode lain yang tidak biasa, tapi saya masih belum menemukan cara sampai pada akhirnya saat itu saya salah memencet keyboard yang menimbulkan pikiran mengganjal.

Nah setelah kejadian itu, setiap bekerja saya mulai dengan sengaja memencet tombol yang salah dan timbul lagi pikiran mengganjal sampai beberapa hari saya akhirnya menemukan sebuah cara efektif berupa key function yang mengakibatkan saya dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan cepat menggunakan metode yang berbeda dari biasanya.

Pesan

Kalian nggk harus menemukan metode untuk menyelesaikan pekerjaan kalian dengan secepatnya kok, kalian hanya harus optimis/percaya diri. Seiring waktu berjalan pasti akan kalian temukan metode tersebut. Oh iya saya ingat quotes dari Jack Ma si Pendiri Alibaba dia berkata bahwa;

Saat usia muda, buatlah kesalahan. Jangan khawatir! Anda jatuh, anda bangkit, anda jatuh lagi, nikmatilah! Anda masih muda, nikmati pertunjukannya!

--

--

Do Exploit

I share stories about what I've learned in the past and now. Let's connect to Instagram! @do.exploit